World Organization of the Scout Movement atau disingkat WOSM adalah organisasi nirlaba dan non pemerintahan yang menaungi seluruh organisasi kepanduan didunia. Tentu sebagai anggota gerakan pramuka, kita sudah tidak asing lagi dengan organisasi ini. Di Indonesia, lambang WOSM selalu tersemat didada kanan (putera) dan dikerah kanan (puteri) seragam pramuka. WOSM berfokus pada dua hal prioritas, yaitu memastikan program dan kegiatan kepramukaan dapat berdampak kepada masyarakat. Selanjutnya memastikan lingkungan berlatih dan berkegiatan terjaga keamanan, kenyamanan, dan keselamatannya.

Kita akan membahas bagaimana organisasi kepanduan dunia ini mengupayakan tewujudnya point kedua yakni menciptakan lingkungan kepramukaan yang aman. Sejak tahun 2002, WOSM telah membuat dokumen berjudul “Keeping Scouts Safe from Harm Policy” dan kembali direvitalisasi pada tahun 2017 di Konferensi Dunia Azerbaizan dengan  menerbitkan “WOSM Safe From Harm Policy”. WOSM berupaya membangun dan menjaga lingkungan yang aman dan inklusif bagi generasi muda dan relawan di seluruh Gerakan Pramuka.

Di Indonesia sendiri, upaya ini ditindak lanjuti oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka dengan mengeluarkan Surat Keputusan Kwarnas Nomor 04 Tahun 2021 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Perlindungan Bagi Anggota Gerakan Pramuka. Hal ini wujud dari kepedulian dalam menjamin setiap anggota pramuka mendapat perlindungan dari potensi berbahaya baik secara fisik ataupun digital.

Kursus WOSM Bersertifikat

Salah satu upaya untuk menyebarluaskan informasi dan menumbuhkan kesadaran akan perlindungan bagi anggota Gerakan Pramuka (Safe From Harm) kepada seluruh anggota dewasa diseluruh dunia, WOSM telah membuat e-learning (Kursus Online) tentang kebijakan Global Safe From Harm. Upaya ini wujud usaha untuk meningkatkan wawasan dan kesadaran semua anggota dewasa tentang pentingnya menciptakan lingkungan kepramukaan yang aman, nyaman, sehat, dan selamat.

Kami mengajak kepada semua anggota dewasa (khususnya diatas 18 tahun) yang belum pernah sama sekali mengikuti kursus online ini, diharapkan bisa segera mencoba dan menyelesaikan kursus ini. Jika berhasil menyelesaikan 100 persen akan mendapat e-sertifikat dari WOSM dalam bahasa Inggris. Karena hal ini sangat prioritas dan penting memliki pengetahuan yang utuh, maka WOSM mewajibkan untuk mendapatkan nilai 100 jika ingin mendapatkan e-sertifikat tersebut.

Kapan lagi bisa mendapatkan sertifikat gratis serta mendapatkan pemahaman bagaimana mengenali, mencegah, dan bertindak terhadap perilaku yang tidak pantas baik secara langsung ataupun kejahatan digital. Fyi, kegiatan dan event daerah serta nasional biasanya mewajibkan pesertanya untuk memiliki sertifikat ini lohh.

Kita dapat mengikuti kursus ini dengan mendaftarkan akun di laman dibawah ini terlebih dahulu, kemudian masuk dan selesaikan kursusnya untuk mendapat sertifikat.

  1. http://bit.ly/KursusSafeFromHarm (Bahasa Indonesia)
  2. https://www.scout.org/elearning_sfh2  (Bahasa Inggris)

Ayoo segera pelajari dan lakukan tes online sampai bisa mendapat sertifkatnya. Waktu pengerjaan dapat diselesaikan kurang lebih 30 menit. Ajak dan sebarluaskan kursus ini untuk ikut serta dalam pewujudan lingkungan kepramukaan yang aman dan nyaman.

( Unduh Jukran Nomor 04 Tahun 2021)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *