Hallo Sobat Sakom!!!

Happy weekend sobat! Gimana weekend kalian? Seru atau dirumah aja nih? Sambil nikmatin weekend kalian,sakom mau bagi-bagi ilmu nih dari krida kehumahasan. Topik yang akan kita bahas kali yaitu “Membuat Karya Berita Sesuai dengan Kaidahnya”. Sobat semua pasti udah ga asing lagi sama berita,nahh kali ini kita akan membahas gimana sih cara membuat berita yang baik dan benar. Selamat membaca sobat!

Saat ini perkembangan dunia jurnalistik mengalami perubahan yang sangat pesat mengikuti era digital yang semakin canggih. Seiring perkembangan zaman, kegiatan jurnalistik mengalami proses yang sangat dinamis dengan ditandai munculnya media digital dalam memudahkan penyampaian informasi dengan jangkauan yang lebih luas dan cepat. Perkembangan tersebut tentunya memberikan kemudahan dalam penyampaian berita secara cepat dengan jangkauan yang luas, sehingga khalayak dapat langsung menerima informasi berita dengan cepat sesuai kejadian yang sedang terjadi saat itu.

Seperti saat ini telah banyak portal web yang ada di Indonesia berisi berita dan artikel seperti Detik.com, Tribunnews.com, Kompas.com, Liputan6.com, Merdeka.com. Penulisan berita pada portal web tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan dalam menulis berita pada portal web adalah cara kerja penyebaran informasi yang cepat, jangkauan penerima informasi yang luas, informasi atau data lama dapat diakses, aksesibilitas yang dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja, kemudahan dalam mencari sumber informasi yang relevan, serta penggunaan yang praktis dan fleksibel. Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan dalam menulis berita :

  1. Menemukan peristiwa atau kejadian untuk dijadikan sebagai bahan berita.

Temukanlah peristiwa maupun kejadian yang sifatnya aktual serta penting untuk disebarluaskan, misalnya mengikuti kegiatan pendidikan dasar sebagai serangkaian kegiatan penerimaan calon tamu Saka Kominfo Sleman.

  1. Teknik Pengumpulan Informasi.

Kumpulkanlah informasi berupa fakta dengan cara melakukan wawancara, observasi atau dokumentasi dalam pengumpulan data.

  1. Mencatat hal-hal penting.

Dalam proses pencarian informasi perlu dilakukan penulisan dengan rumus 5W+1H yaitu What, Who, Where, When, Why dan How.

  1. Membuat Kerangka Berita.

Kerangka berita merupakan gambaran kasar bagaimana informasi yang telah dikumpulkan tersebut akan diolah menjadi sebuah berita. Berita terdiri dari 3 (tiga) unsur yakni judul, teras, serta kelengkapan atau penjelasan berita.

  1. Menulis Teras Berita.

Teras berita merupakan alinea pertama sebuah berita. Teras berita sebaiknya dibuat ringkas, serta diawali dengan unsur Who dan What. Sesuaikan struktur penulisan dengan kaidah bahasa Indonesia yaitu SPOK (Subjek, Predikat, Objek, dan Keterangan).

  1. Menulis Isi Berita.

Isi berita merupakan detail informasi yang ingin disampaikan dalam sebuah berita. Isi berita ditulis setelah teras berita. Dalam penulisannya, isi berita sebaiknya disusun dalam paragraf-paragraf pendek yang berisi tiga hingga lima kalimat. Usahakan pula agar setiap paragraf hanya berisi satu ide. Paragraf yang pendek serta hanya berisi satu ide akan mendorong pembaca untuk melanjutkan pembacaan dan memudahkan pemahaman dalam membaca berita.

  1. Penyuntingan Berita

Penyuntingan berita dilakukan untuk menghindari kesalahan-kesalahan penulisan informasi yang mungkin terjadi, seperti ejaan (nama, lokasi, dan lainnya), tata bahasa, makna kalimat, dan pembedaan opini dengan fakta. Dalam penulisan berita yang akan di publikasikan juga harus memperhatikan agar tidak melanggar kode etik jurnalistik.

Oke sobat, jadi penjabaran diatas adalah hal-hal yang harus kita lakukan saat membuat berita. Semoga ilmu yang kita kasih bermanfaat untuk Sobat Sakom semua. Jangan lupa ilmu nya di share ke sobat yang lain yaaa. Kami tunggu karya berita kalian. Sampai jumpa di ilmu selanjutnya. Selamat Weekend!

Berita bukan hanya sekadar informasi, tetapi juga tanggung jawab untuk memberdayakan dan mendidik masyarakat.”
Krida Kehumasan_Saka Kominfo Sleman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *