Pada kali ini, pertama tama akan dimulai dari teknik pengambilan gambar dengan memanfaatkan fitur
aperture atau diafragma yang terdapat didalam kamera dan di fitur manual kamera HP.

  1. Depth of Field Sempit (DoF Sempit)

Teknik pengambilan gambar yang memanfaatkan aperture atau diafragma dengan cara memfokuskan kepada suatu objek tertentu dan objek lainnya blur atau tidak fokus. Jenis pengambilan gambar ini biasanya digunakan untuk memotret objek kecil atau fokus dengan satu objek menggunakan aperture atau diafragma sebesar f/1.4, f/2.8, f/3.5, f/4.0, f/4.5.

  1. Depth of Field Luas (DoF Luas)

Teknik pengambilan gambar yang memanfaatkan aperture atau diafragma dengan cara memfokuskan kepada semua objek yang terdapat didalam frame tanpa ada objek yang blur atau tidak fokus. Jenis pengambilan gambar ini biasanya digunakan untuk memotret pemandangan, view, atau panorama alam dan menggunakan aperture atau diafragma sebesar f/8, f/11, f/20, f/22.

  1. Selektif Fokus

Teknik pengambilan gambar ini merupakan Sebuah foto dengan kolaborasi DoF sempit dan menambah Foreground dalam objeknya. Nantinya Foreground dan Background akan blur, sedangkan yang fokus hanya terdapat pada objek yang dituju atau ditentukan.

Ketiga Teknik tersebut memang lebih memanfaatkan dalam menggunakan fitur aperture. Akan tetapi jika tetapi diimbangi dengan ISO dan shutterspeed maka foto yang didapat akan lebih sempurna. Misalnya jika ingin menggunakan Teknik DoF luas tentu saja gambar yang masuk kedalam frame akan gelap karena menggunakan aperture yang sempit salah satunya f/20. Untuk menjadikan hasil foto menjadi terang dengan meningkatkan nilai ISO menjadi lebih tinggi missal menjadi 400 atau 600. Kemudian memperlambat shutterspeed menjadi 1/30 atau 1/60.

“Fotografi adalah cara untuk berhenti, mengamati dunia, dan merekam momen-momen indah yang terlupakan.”

Krida Multemedia_ Saka Kominfo Sleman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *