apa itu rdp ?Source Image : Kevin R

Apakah Anda ingin meningkatkan kecepatan koneksi internet? Ingin livestream dengan cepat ? ingin download game atau drakor dengan cepat ?Sebenarnya ada cara yang mudah untuk melakukannya, yaitu menggunakan RDP atau remote desktop protocol.

Namun, apa itu remote desktop protocol? Di artikel ini, Anda diajak untuk mempelajari pengertiannya, fungsinya, serta cara menggunakannya. Selamat membaca!

Apa Itu RDP ?

Remote Desktop Protocol atau yang disingkat menjadi RDP adalah sebuah protokol jaringan yang digunakan oleh Microsoft Windows Terminal Services dan Remote Desktop.

RDP adalah salah satu fitur yang tersedia di dalam sistem operasi Windows yang mengizinkan penggunanya untuk terkoneksi ke sebuah mesin jarak jauh misalnya VPS (Virtual Private Server), seolah-olah mereka duduk di depan mesin yang bersangkutan.

Dalam konteks RDP, komputer atau server yang diakses dari jarak jauh disebut sebagai host, sedangkan komputer yang mengaksesnya disebut sebagai client atau komputer pengendali. Pengguna dapat mengakses semua aplikasi, file, dan sumber daya yang ada di komputer atau server host melalui jendela desktop virtual di komputer client.

Fungsi RDP

Pada dasarnya, fungsi RDP adalah menyediakan akses remote melalui port TCP 3389.

Saat Anda menggunakan sebuah client atau aplikasi RDP, data yang akan dikirimkan ke komputer lain dimasukkan ke dalam kanal remote desktop protocol.Di sini, sistem operasi komputer yang Anda gunakan mengenkripsi data tersebut sebelum akhirnya ditransmisikan melalui port TCP.

RDP sendiri dikelola oleh driver bernama terminal server device redirector. Driver ini terdiri dari beberapa komponen. Di antaranya Wdtshare.sys yang menangani enkripsi dan kompresi, serta Tdtcp.sys yang bertugas untuk memastikan remote desktop protocol dapat melalui TCP/IP.

Lebih gampangnya perhatikan gambar diatas. Anda mempunyai sebuah laptop/pc dengan internet yang terbatas sedangkan anda ingin sebuah kecepatan internet yang lebih tinggi. Jadi RDP adalah sebuah server yang akan anda kendalikan melalui pc anda dengan cara anda akan dimintai untuk memasukan alamat IP server tersebut dan passwordnya yang kemudian server tersebut akan bisa anda kendalikan. Jadi secara gambaran awam anda akan mengontrol sebuah sistem dari jarak jauh tetapi sistem tersebut adalah bentuknya private/pribadi hanya untuk anda. Setelah itu, selamat anda dapat mendownload / livestream dengan kecepatan internet upto 1Gbps.

Manfaat RDP

Mengapa Anda perlu menggunakan RDP? Bukankah ada jenis protokol remote desktop lain seperti FTP?

Setidaknya ada tiga manfaat yang membuat protokol ini lebih unggul dari jenis remote desktop lainnya, yaitu:

  • Memberikan Koneksi Internet Super Cepat

RDP dapat memfasilitasi Anda dengan koneksi internet super cepat. Dengan protokol ini, kecepatan internet yang Anda gunakan dapat mencapai 1.000 Mbps.

Tentunya ini akan sangat berguna apabila Anda sering mengunggah atau mengunduh data berukuran besar.Hanya saja, kecepatan koneksi RDP dipengaruhi oleh performa server yang digunakan. Oleh karena itu, Anda dapat mencari RDP dengan performas yang lumayan sebagai server RDP anda.

  • Memfasilitasi Aplikasi yang Harus Berjalan 24/7

Manfaat remote desktop protocol yang kedua adalah menjalankan bot atau aplikasi yang harus selalu berjalan.

Koneksi protokol ini tidak akan terputus meskipun komputer Anda dimatikan. Selain itu, proses yang dilakukan di server RDP akan terus berjalan. Dengan demikian, Anda tetap dapat membiarkan bot atau aplikasi menyala asal prosesnya tidak melampaui bandwidth server.

  • Server RDP dapat Dimodifikasi sesuai Keinginan

Tentunya Anda sudah tahu bahwa remote desktop protocol dapat digunakan hanya jika Anda memiliki server untuk menunjangnya.

Keuntungan Memakai RDP

1. Akses Jarak Jauh

RDP memungkinkan pengguna untuk mengakses dan mengendalikan VPS dari jarak jauh melalui jaringan. Dengan menggunakan RDP, pengguna dapat terhubung dan dapat mengelola VPS dari mana saja dan kapan saja.

2. Manajemen Sistem

Administrator atau Admin dapat menggunakan RDP untuk mengelola dan memperbaiki masalah di VPS melalui jarak jauh. Mereka dapat menginstal perangkat lunak, melakukan pemeliharaan, mengatasi masalah, dan mengonfigurasi pengaturan sistem tanpa harus berada di depan VPS secara fisik.

3. Akses Aplikasi dan File

Melalui RDP, pengguna dapat mengakses semua aplikasi, file, dan sumber daya yang ada di VPS Windows. Ini memungkinkan akses ke VPS dari komputer windows manapun.

4. Keamanan

RDP menyediakan fitur keamanan yang memungkinkan pengguna untuk mengenkripsi sesi jarak jauh, membatasi akses pengguna, dan mengotentikasi pengguna sebelum mengizinkan koneksi.

Ingin belajar lebih tentang Remote Dekstop Protocol ? Atau ingin memesan/mencoba RDP untuk pertama kali ? Yuk bisa langsung kontak dibawah ini, dengan harga bervariasi anda akan mendapatkan pengalaman yang menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *